Friday 26 April 2019

Yoga Asanas Surya Namaskar

April 26, 2019

 Surya Namaskar



Bagi seseorang yang mengejar pencerahan hendaklah mempersiapkan diri dengan berbagai hal seperti mental maupun fisik. Pondasi dari suatu pencapaian pencerahan salah satunya adalah pencapaian kesehatan. Yoga Surya Namaskara adalah salah satu dari banyak yoga yang mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan mental maupun fisik.

Mitologi spiritual mengatakan, manusia agar tetap sehat harus banyak bergerak. Sedangkan ular untuk tetap sehat dikatakan harus lebih banyak diam. Orang modern dari sisi medis telah mengetahui prinsip dasar untuk menjaga kesehatan yaitu dengan melakukan olah raga sebab olahraga memicu panas tubuh dengan harapan lemak jenuh terbakar dan sistem pernafasan menjadi bersih. Sisa pembakaran terbuang melalui lubang-lubang tubuh salah satunya terbawa keringat yang keluar dari pori-pori.

Panas tubuh yang terjadi akan menjaga sistem listrik tubuh. Listrik tubuh inilah yang merawat sistem kehidupan manusia. Menghidupkan sistem tubuh non fisik maupun merawat organ tubuh fisik. Listrik tubuh dikendalikan dari chakra Dasar sebagai akibat dari bekerjanya organ tubuh non fisik yang bermula dari panas tubuh.

Cara-cara memanaskan tubuh dan merawat sistem kelistrikan tubuh telah diketahui oleh manusia jaman dulu. Setidaknya Rsi Patanjali telah mengajarkan yoga yang sangat terkenal yaitu Asthanga Yoga di mana dalam prakteknya mampu menyehatkan mental dan fisik.

Asthanga Yoga memiliki dasar-dasar yang dimulai dari suatu pemikiran yang tenang dan optimis serta mengekspos habis kekuatan fisik manusia apabila dilatih sesuai cara-caranya. Demikian pula kalau kita menuju Lempuyang Luhur, perlu pemikiran positif jauh hari sebelumnya dan kekuatan fisik akan dikuras habis. Tetapi kalau berhasil sampai di puncak, bisa dikatakan bahwa manusia tersebut tentulah masih sehat.

Di jaman yang berbeda dalam Rig Weda muncul suatu Yoga yang disebut Yoga Surya Namaskar(a). Berbagai literatur menjelaskan dengan cara berbeda-beda di antaranya sebagai suatu pelaksanaan dari Surya Namaskar Mantram yaitu penghormatan kepada Dewa Surya/Matahari. Literatur lain mengatakan bahwa apabila manusia Melatih Yoga Surya Namaskara maka akan menciptakan kesehatan dan nantinya akan tercapai kebahagiaan dan kemakmuran.

Surya Namaskara adalah teknik penting dalam melakukan yoga. Kelenturan dan penerapannya merupakan cara yang sangat bermanfaat untuk memperoleh hidup yang sehat, kuat dan merupakan persiapan untuk pembangkitan spiritualdan meningfkatkan kesadaran. Tahun- tahun terakhir ini sudah semakin banyak yang telah mulai dari upacara-upacara keagmaan dan memulai Yoga sebagai suatu cara untuk menggali dan meningkatkan kehidupan bathin mereka. Tidak kita pungkiri di zaman modern ini kebanyakan gaya hidup kita yang modern yang lebih menonjolkan tekanan mental, kekhawatiran dan tampaknya permasalahan yang tak terpecahkan seperti halnya ada masalah dengan ekonomi, hubungan pribadi dan lain-lain, yang dimana permaslahan-permasalahn tersebut yang dapat menyebabkan seseorang bisa stress atapun yang lainnya yang bisa terjadi.

Dengan melakukan Yoga kegiatan Yoga merupakan dapat mencegah stress dan menjadi dasar suatu terapi yang ampuh bagi penyakit fisik maupun mental. Surya Namaskara merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendekatan yoga dan dengan mudah dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, Karen hanya membutuhkan waktu kira-kira 5-15 menit latihan untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang lebih cepat.

Surya Namaskara adalah suatu latihan yang diwariskan dari para orang bijak pada jaman Veda. Surya berarti Matahari dan Namaskara berarti penghormatan. Dijaman dahulu matahari dipuja sebagai upacara harian, disebut demikian karena matahari adalah lambang dari kesadaran spiritual yang sangat kuat. Surya Namaskara tersusun atas tiga unsur yaitu, ada bentuk, energy , dan irama. Keduabelas sikap tubuh yang menghasilkan matrik fisik yang membentuk latihan itu. Sikap tubuh ini membangkitkan prana sebagai enegri halus, yang mengaktifkan badan fisik. Pelaksanaan yang benar, dengan urutan ritmik atau gerakan mencerminkan irama alam semesta, seperti 24 jam sehari, 12 tahapan zodiac dalam setahun.

Surya Namaskara adalah suatu lathian dari zaman prasejarah, ketika manusia menyadari adanya kekuatan spiritual dalam dirinya sendiri, yang tercermin pada alam semesta material. Kesadaran ini merupakan dasar daripada Yoga itu sendiri. Surya Namaskara yang berarti ‘Penghormatan kepada Matahari’, dapat dilihat sebagai bentuk pemujaan matahari,

Dalam tradisi Veda pemujaan dan penghormatan matahari adalah salah satu bentuk pemujaan awal dan ungkapan bathin paling alami yang dilakukan oleh manusia. Kebanyakan dari tradisi kuno yang mencangkup beberapa bentuk pemujaan matahari, yang mempersatukan berbagai lambang matahari dan para dewa, tapi tidak satupun dari tradisi ini bertahan, terkecuali dalam budaya veda. Namun upacara pemujaan matahari masih tetap berlangsung di Negara bagian India.

DOWNLOAD


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 AGAMA HINDU CERDAS. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top